Mencoba Hutan Magis De Djawatan Benculuk, di Banyuwangi.

Promosi Wisata – Hutan De Djawatan Benculuk, Banyuwangi terkenal karena areanya yang ditumbuhi pohon-pohon trembesi raksasa yang memberikan kesan magis. Memasuki kawasan hijau ini memiliki kesan jauh dari hiruk pikuk kota, dan langsung serasa dibawa ke masa lampau saat daratan hanya ditumbuhi pohon dan hutan lebat. Di dalam hutan ini, pepohonan yang besar dan lebat serta memberi kesan angker, mengingatkan kita pada Hutan Fangorn pada film The Lord Of The Rings.

pragmatic slot

Sebelumnya, De Djawatan dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Jawatan Benculuk. Djawatan merupakan hutan lindung yang dikelola oleh Perhutani KPH Banyuwangi Selatan dan Benculuk adalah nama desa di kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Lokasi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dipergunakan sebagai Tempat Penimbunan Kayu (TPK) dari hasil pengelolaan hutan milik Perhutani di Banyuwangi bagian selatan.

Nama lokasi hutan wisata ini sengaja dibuat dengan ejaan lama Djawatan, terkesan kuno dan pengunjung diajak untuk bernostalgia di era masa lampau. Sejarah Hutan De Djawatan memang sudah cukup tua, dari jaman Belanda. Demikian juga dengan keberadaan pohon trembesi raksasa yang berumur ratusan tahun, rata-rata memiliki usia antara 100 hingga 150 tahun.

hack slot

Hampir seluruh bagian pokok kayu trembesi ini tertutup oleh benalu atau pakis yang menumpang hidup di bagian-bagian pohon trembesi. Dari kejauhan nampak pohon ini layaknya raksasa yang berbulu, menyeramkan. Pohon-pohon trembesi ini juga sebagai sarang bagi kelelawar, bau dari guano atau kotoran kelelwar ini semakin mendukung suasana lebih seram, khususnya saat menjelang gelap atau sore hari.

Hutan De Djawatan Benculuk, meski lokasinya bukan berada di pusat kota Banyuwangi untuk mencapainya sangatlah mudah, karena lokasinya berada di dekat jalan raya Benculuk. Buat kamu yang sedang melintas dengan kendaraan pribadi di Banyuwangi Selatan, sempatkan mampir ke De Djawatan. Dari pertigaan kantor Samsat Benculuk, dari sini hanya berjarak 100 meter sebelah selatan.

pola slot

Pengelola Hutan De Djawatan Benculuk membuka lokasi hutan wisata ini setiap hari dari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Tiket masuk hanya perlu keluarkan Rp. 2000 / orang untuk memasuki kawasan hutan wisata ini. Sementara biaya parkir kendaraan untuk mobil di kenakan Rp. 5000 dan motor Rp. 1000, semuanya serba terjangkau kantong kita.

Jadi kapan nih Teman Jalan Wisata ke sini ?

Baca juga : Rute Menuju Ke Hutan De Djawatan Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Orton Blog by Crimson Themes.