Ziarah ke Makam Wali Songo di Bulan Ramadan

Promosi Wisata – Ziarah merupakan tradisi unik di Indonesia. Umumnya, selain ziarah ke kubur leluhur, kini ziarah kerap dijadikan salah satu daya tarik wisata, yakni wisata religi. Bulan Ramadan, sering dijadikan momentum untuk melakukan perjalanan spiritual bagi umat Islam. Salah satu daya tarik wisata religi di Indonesia adalah ziarah ke makam Wali Songo. Nah, yang ingin melakukan wisata religi ke makam Wali Songo, berikut adalah lokasi makam para Wali yang selalu ramai dikunjungi para peziarah.

online slot

Sunan Kalijaga | Jika ingin berziarah, makam Wali Songo ini berada di Desa Kadilangu, sekitar 3 km dari Masjid Agung Demak. Sunan Kalijaga merupakan tokoh yang sangat fenomenal karena berhasil menciptakan karakter-karakter baru pewayangan, seperti Semar, Bagong, Petruk, dan Gareng. Selain itu, beliau juga menggubah tembang yang sarat akan muatan Islam, Kidung Rumeksa ing Wengi dan Lir-ilir. 

Sunan Ampel | Bagi yang ingin ziarah ke Makam Sunan Ampel bisa datang ke Jalan Ampel Masjid No. 53, Kota Surabaya. Bukti sumbangsih Sunan Ampel terhadap kemajuan Islam terlihat dari adanya Kesultanan Demak, berdirinya Masjid Agung Demak dan ajaran Moh Limo.

demo slot

Sunan Drajat | Makam Sunan Drajat berada di Desa Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Sunan Ampel memiliki ajaran Moh Limo, sementara Sunan Drajat berdakwah dengan ajaran Pepali Pitu. Salah satu tembang terkenal karya Sunan Drajat adalah tembang tengahan Macapat Pangkur. 

Sunan Gresik | Terletak di Jalan Malik Ibrahim, Gresik, makam salah satu Wali Songo ini juga tidak pernah sepi peziarah. Kiprah Sunan Gresik dalam mengajarkan ajaran Islam terbilang cukup unik, karena memakai pendekatan budaya, dengan cara mengajarkan masyarakat untuk bercocok tanam dan bertani.

Sunan Kudus | Jejak dakwah Sunan Kudus dapat dilihat dari desain arsitektur Masjid Agung Kudus, Jawa Tengah yang mirip dengan candi. Kini, peninggalannya tersebut kerap didatangi para peziarah untuk berdoa di masjid tersebut. Sekaligus berziarah ke makam Sunan Kudus yang dimakamkan di bagian belakang Masjid Agung Kudus.

Sunan Bonang | Sunan Bonang menyebarkan Islam dengan alat musik, yakni gamelan. Selain itu, Sunan Bonang juga mahir memainkan wayang, serta menguasai seni dan sastra Jawa. Untuk mengenang jasa Sunan Bonang dalam menyebarkan ajaran Islam, bisa ziarah di Desa Kutorejo, Tuban, Jawa Timur.

maxwin slot

Sunan Muria | Jika ingin wisata religi ke makam Sunan Muria, bisa mengunjungi lereng Gunung Muria, Kecamatan Colo. Sama seperti tokoh Wali Songo lain, Sunan Muria juga merangkul tradisi dan budaya setempat. Selama periode dakwahnya, beliau melahirkan karya berupa tembang yang diberi judul Sinom dan Kinanthi.

Sunan Giri | Makam Sunan Giri, berada di Jalan Sunan Giri, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Selama masa hidupnya, Sunan Giri berdakwah melalui seni dan budaya. Sunan Giri menciptakan beragam tembang antara lain Padang Bulan, Jor, Gula Ganti, dan Cublak-cublak Suweng.

pragmatic slot

Sunan Gunung Jati | Perjuangan Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan ajaran Islam dilakukan lewat jalur politik. Beliau menjalin banyak kerja sama untuk mengokohkan dakwah Islam. Setelah wafat, Sunan Gunung Jati dimakamkan di Desa Astana, Cirebon Utara, yang selalu ramai para peziarah yang datang untuk mengenang jasa beliau.

Kesembilan makam Wali Songo di atas bisa dapat dijadikan referensi yang ingin melakukan wisata religi selama bulan Ramadan.

Baca juga : Destinasi Wisata Religi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Orton Blog by Crimson Themes.